Bagaimana memulai kegiatan BKM?

Bagaimana cara memulai kegiatan BKM? Mulailah dengan menentukan dulu bidang minat calon anggota kelompok; calon dapat diambil dari anggota penghela maupun penuntun yang sudah tergerak untuk mempersiapkan diri untuk cari uang. Langkah ini dapat dilakukan dengan menanyai masing-masingnya secara langsung ataupun mengajukan sejumlah pilihan; dengan kwestioner singkat boleh juga (open ataupun closed). Yang dapat ditawarkan adalah bidang kegiatan yang Anda rasakan (ataupun dirasakan pula oleh sesepuh HW ataupun warga persyarikatan yang lain) bermanfaat ataupun dapat dikembangkan, misalnya yang terkait dengan potensi ekonomi di daerah. Banyak bidang maupun kegiatan yang dapat dipilih.
Sejalan dengan itu cari “ahli ” atau instruktur pembinanya; akan lebih baik lagi jika dapat memperoleh mitra kerja yang sesuai. Jumlah anggota tidak harus banyak; lima orang saja sudah dapat dimulai. Tempat kegiatan (sanggar bakti) maupun perlengkapan dapat nanti-nanti saja difikirkan; peminat bisanya sudah punya alat sendiri walaupun sederhana.

Bidang kegiatan BKM itu ada yang sederhana (jualan ubi goreng dengan kereta dorong), tetapi ada pula yang tidak mudah, atau yang tergolong “tidak lumrah” (tak lazim, semisal bidang jagabaya). Bidang jagabaya merupakan kegiatan kemanan (security), dapat untuk pribadi, rumah, toko, kompleks AUM, kompleks perumahan, pertokoan, ataupun lainnya. Kegiatannya dapat dari yang sederhana sampai yang canggih, misalnya dari bentuk bela diri, baris-berbaris (disiplin), sampai pun kordinasi satpam, maupun kegiatan intelligent. Semuanya itu nanti tergantung pada kesepakatan bersama, mau menjadi atau mencapai tingkat yang mana dengan tetap berfikir ke: asalkan memberi peluang untuk memperoleh uang.

0 Responses to “Bagaimana memulai kegiatan BKM?”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s