Kompor spiritus

Kompor spiritus

Untuk berkemah ataupun persiapan ke Jambore Nasional HW di Makassar tahun 2015 nanti, ada baiknya mengenal kompor spiritus (alcohol stove) yang sederhana untuk keperluan “sendiri”. Dengan 15 ml spiritus saja kompor ini dalam waktu kurang dari 5 menit dapat mendidihkan air dua cangkir, cukup untuk memasak sebungkus mi instan. Kompor ini dibuat dari dua kaleng aluminium bekas minuman 330 ml (10 oz.), walaupun kompor spiritus yang buatan pabrik ada yang dijual dengan harga sekitar US$ 65,-

Cara membuat:

  1. Siapkan dua kaleng aluminium bekas, untuk dasar dan “sumbu”.
  2. Buat 1-4 lubang di tengah pantat kaleng sumbu; nantinya untuk mengisikan spiritus.
  3. Buat “garis potong“ melingkar pada kaleng sumbu setinggi 3 cm dari pantat; pada kaleng dasar setinggi 2,5 cm, dan “garis batas” setinggi 0,5 cm.
  4. Potong kaleng pada garis potong yang di buat itu dengan menggunaan “cutter”; tumpulkan pinggiran potongan dengan menggunakan kertas empelas ataupun batu.  Jika dikerjakan di rumah, ambil buku tebal sisipkan bilah kater di antara halaman buku setinggi 2,5 cm lalu putar kaleng sedemikian rupa sehingga ujung kater membuat garis potong di kaleng itu; putar terus dengan berhati-hati berulang kali maka kaleng dapat terpotong dengannya.  Lakukan hal yang sama untuk bakal bagian sumbu dengan memindah ketinggian letak bilah kater menjadi 3 cm.
  5. Lebarkan pinggir bagian sumbu dengan menekankannya sambil memutar-mutarnya ke pantat gelas besar sampai pinggir bagian bawah dapat didorong masuk.
  6. Satukan pasangan dasar dan sumbu itu dengan menekannya keduanya pelan-pelan sampai pinggir bagian sumbu mencapai garis batas (lihat tahap 3 di atas); untuk ini dapat dibantu menekannya dengan menggunakan papan atau buku tebal.
  7. Dengan menggunakan jarum kasur ataupun jarum tempel (pines) bertangkai buatlah sebanyak 32 lubang sumbu di tepi luar “pantat”. Untuk ini tandai dulu titik lubang di sudut 0, 180, 90, dan 270  derajat. Selanjutnya tandai titik tengah antara dua titik yang berdekatan (menjadi 8), kemudian ulang lagi untuk menjadi 16, dan ulang sekali lagi untuk menjadi 32.
  8. Kompor siap dipakai; isikan sekitar 15 ml spiritus. Untuk menghindarkan terjadinya ledakan maka lubang pengisian spiritus itu ditutup dengan koin sebelum kompor dinyalakan.  Untuk pemanasan (priming) kompor diletakkan pada alas gelas, tutup kaleng semir, kertas, kain, ataupun serat fiberglass yang nanti dituangi sedikit spiritus untuk disulut. Setelah cukup pemanasan maka dari lubang-lubang sumbu akan keluar uap spiritus yang membentuk nyala api karena terbakar.
  9. Dudukan tempat masak dapat dibuat dari kerangka kawat, seng, ataupun batu. Untuk efisiensi panas, upayakan pantat tempat masak sekitar 3,5 cm di atas kompor. Akan lebih baik lagi jika juga dibuatkan pelindung dari tiupan angin; pelindung ini dapat dibuat dari seng, kaleng besar, batu bata, papan ataupun karton tebal (awas jangan ikut terbakar!).
  10. Selamat mencoba.

0 Responses to “Kompor spiritus”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: