Kain Sutra.

Sutra.

Kain sutra masih digemari orang, terutama oleh kaum perempuan. Sebagian besar kain sutra merupakan produk luar negeri. Sutra produk dalam negeri masih jauh dari mencukupi jumlah yang dibutuhkan orang; hanya sepersepuluhnya yang dapat dipenuhi oleh produksi dalam negeri!!!

Sutra dibuat dari “benang” yang diuraikan dari kokon (kepompong), bentukan “pondokan” ulat sutra sebelum berubah menjadi kupu-kupu. Untuk menghasilkan benang sutra ini diawali dengan memelihara ulatnya. Ulat sutra dihasilkan dari menetaskan telurnya, lalu memberinya makanan yang khas buatnya, yaitu daun murbei. Telur ini biasanya disediakan oleh pemasoknya dalam kotak (boks) yang tiap kotak ini berisi sekitar 20.000 telur; dengan pemeliharaan yang baik akan dihasilkan 20-30 kg kokon, yang jika diuraikan akan menghasilkan 2,5 kg benang sutra. Lama pemeliharaan dari menetasnya telur sampai “panen” perlu waktu sekitar satu bulan, yang memerlukan sekitar 250 kg “daun” murbei. Itu berarti dalam satu tahun proses itu dapat diulang dua belas kali, atau berpeluang dua belas kali mendapat keuntungan; keuntungannya sekitar 50% dari modal.

Jika ingin efisien, murbei utuk makanan ulat sutra itu perlu ditanam sendiri di lahan seluas ¼ ha. Murbei dapat ditanam secara khusus, ataupun dengan cara tumpangsari dengan tanaman palawija. Semua itu dapat ditangani secara sambilan oleh satu keluarga; jika mau lebih serius satu keluarga dapat menangani pemeliharaan 3 kotak ulat sutra seperti itu dengan areal murbei sekitar 1 ha.

Dengan peluang variasi harga yang ada dapatlah disebutkan bahwa seluruh beaya untuk pemeliharaan ulat sutra ini tidak sampai mencapai separo dari keuntungan yang dicapai dari usaha ini. Modal sekitar 11,5 juta rupiah diperlukan untuk pemeliharaan ulat sutra yang memerlukan 1 ha tanaman murbei sebagai makanannya.

0 Responses to “Kain Sutra.”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: