Susu jagung

SUSU JAGUNG.

Pernah dengan “susu jagung”? Ini seperti “susu kedelai”, hanya saja bahannya jagung. Ada juga yang menggabungkan kedelai dan jagung, bahkan ada pula yang menambahkan kacang hijau. Jika diminum dingin, segar rasanya. Membuatnya juga tak susah: jagung pipil 100 g yang sudah direbus ditambah 1-3 gelas air lalu diblender; tambahkan gula secukupnya; boleh juga ditambah sedikit garam.
Minuman ini di Thailand sudah dipasarkan dalam kemasan 100 ml sejak tahun 2000; laris juga. Di lemari pendingin susu ini dapat tahan sampai sepekan. Mereka dapat menghabiskan 300 kg jagung! Mungkin ini karena mereka menyebutkan bahwa minuman ini mengurangi risiko munculnya kangker, walaupun kajian ilmiahnya belum ada.

Untuk meminumnya susu jagung dikocok dulu. Karena komposisi partikel jagungnya mungkin masih cukup besar, pengendapan adalah hal yang biasa, apalagi jika sudah sedikit masam karena terlalu lama disimpan ataupun pemrosesannya yang kurang bersih (karena “pembusukan”). ¬†Pengendapan susu “dikurangi” dengan menyaringnya segera sesudah diblender; ada yang menyebut penyaringnya dengan mesh 100, ada juga yang menyebut “kain” begitu saja. Dengan begitu dihasilkan “susu” dan ampas. Ampas ini dapat diolah lanjjut dengan menambahkan gula lalu dipanaskan untuk menjadi dodol jagung yang lezat.

0 Responses to “Susu jagung”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: