Sifat-sifat baik

130202

Sifat-sifat baik.

Bismi l-lahi r-rahmani r-rahiem.

Kita sebagai manusia sebenarnya diamanahi Allah SwT untuk menjadi khalifah (pemangku kekuasaan; wakil) Allah dalam mengelola dunia. Untuk tugas itu kita sudah juga dilengkapi dengan berbagai macam potensi sebagai kelengkapan diri maupun berbagai macam pedoman (guidance), antara lain al-Qur’an di samping bukti-bukti alam yang diungkapkan sebagai hasil penelitian oleh para cerdik cendekiawan. Pedoman di al-Qur’an itu ada yang berupa perintah langsung, anjuran, ataupun contoh-contoh; ada yang diberikan hanya sekali ada pula yang diulang-ulang dalam bentuk kalimat yang sama ataupun dengan redaksi yang berbeda. Secara sederhana dapat kita fahami bahwa pengulangan itu memang perlu karena manusia mudah lupa ataupun suka mencari pembenaran diri (excuse) atas kesalahan yang dilakukannya.

 

Kita sebagai pemegang amanah Allah itu misalnya perlu memahami pedoman-pedoman itu, salah satu contoh manusia yang baik adalah Nabi Yahya a.s. yang oleh Allah diingatkan:

 

HAI YAHYA, AMBILLAH AL-KITAB (TAURAT) ITU DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH.. (Surah Maryam [19] ayat 12)

 

Kita saat ini harus memahaminya sebagai perintah bahwa kita harus mengambil al-Qur’an sebagai pegangan hidup dengan cara memahami maknanya, bukan hanya dengan mampu membaca atau melafalkannya.

 

Adapun orang-orang terpilih akan dilengkapi pula dengan lingkungan yang baik sebagai sarana untuk pengembangan diri sejak masa kanak-kanak untuk peningkatan kemampuan fikirnya (hikmah), seperti yang juga diberikan  kepada Nabi Yahya itu.

 

 …DAN KAMI BERIKAN KEPADANYA HIKMAH SELAGI IA MASIH KANAK-KANAK  (Surah Maryam [19] ayat 12)

 

DAN RASA BELAS KASIHAN YANG MENDALAM DARI SISI KAMI DAN KESUCIAN (TERJAGA DARI BERBUAT DOSA)… (Surah Maryam [19] ayat 13)

 

 

Hasil proses kehidupan seperti itu tampak seperti yang disimpulkan Allah:

 

 … DAN IA ADALAH SEORANG YANG BERTAKWA (Surah Maryam [19] ayat 13)

 

DAN SEORANG YANG BERBAKTI KEPADA KE DUA ORANG TUANYA, DAN BUKANLAH IA ORANG YANG SOMBONG LAGI DURHAKA.(Surah Maryam [19] ayat 14)

 

Tugas Nabi Yahya adalah membimbing ummatnya, menjadi pemimpin. Jadi untuk memilih seorang pimpinan kita perlu merujuk ke gambaran beliau, yang juga ditampilkan oleh Nabi dan Rasul terakhir, Muhammad saw. yang juga diingatkan oleh Allah bagaimana bersikap dalam memimpin ummat:

 

MAKA DISEBABKAN RAHMAT DARI ALLAHLAH KAMU BERLAKU LEMAH LEMBUT TERHADAP  MEREKA.  SEKIRANYA KAMU BERSIKAP KERAS LAGI  BERHATI  KASAR, TENTULAH MEREKA MENJAUHKAN DIRI DARI SEKELILINGMU. KARENA ITU MAAFKANLAH MEREKA, MOHONKANLAH AMPUNAN BAGI MEREKA, DAN BERMUSYAWARAHLAH DENGAN MEREKA DALAM URUSAN ITU. KEMUDIAN APABILA KAMU TELAH BERSEPAKAT (MEMBULATKAN TEKAD), MAKA BERTAWAKKALLAH   KEPADA ALLAH. SESUNGGUHNYA ALLAH MENYUKAI ORANG-ORANG YANG BERTAWAKKAL KEPADANYA.(Surah Ali Imran [3] ayat 159)

 

DAN RENDAHKANLAH DIRIMU TERHADAP ORANG-ORANG YANG MENGIKUTIMU, YAITU ORANG-ORANG YANG BERIMAN.(Surah asy-Syu’ara [26] ayat 215)

 

 

Semoga kita dapat lebih baik dalam menghayati pedoman yang diberikan Allah dalam “mengelola” dunia, serta menyiapkan anak-anak kita untuk tumbuhnya sikap yang benar sebagai penerus kita.

 

 

 

Wa ‘l-Lahu a’lamu bi ‘sh-shawwab.

 

 

 

==============================

 

SAW. = shalla ‘l-Lahu ‘alaihi wa sallam (Semoga shalawat Allah dan salamNya terlimpahkan pada Rasulullah Muhammad).

 

SWT. = subhanahu wa ta-‘ala (Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi kedudukanNya).

 

 

 

 

*** Kutipan ayat-ayat diperoleh dari penelusuran menggunakan software sederhana: “Indeks Terjemah Qur’an”.

 

========================================

 

 

 

 

 

Assalamu ‘alaikum wr. wb.

 

 

 

Semoga sedikit uraian di atas bermanfaat.

 

Sebarkanlah pelita hikmah ini dengan forward langsung ataupun dengan mengajak bergabung JOIN di URL http://groups.yahoo.com/group/pelita-hikmah/.

Jika Anda punya ataupun ingin kajian masalah tertentu untuk pegangan hidup silakan hubungi saya.

 

Wassalam,

dr. H.R.M. Tauhid-al-Amien, MSc., DipHPEd., AIF., AIFO.

e-mail: tauhidhw@gmail.com

 

Jalan Kendangsari Lebar 48 Surabaya    INDONESIA    60292

0 Responses to “Sifat-sifat baik”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: