Berusahalah untuk selalu bersikap baik.

121015    Berusahalah untuk selalu bersikap baik.

Bismi l-lahi r-rahmani r-rahiem.

 

Kita harus memahami bahwa orang-orang kafir maupun orang-orang musyrik tidaklah senang dengan Islam. Adalah wajar saja jika kemudian mereka itu kemudian menampakkan ketidaksenagannya dengan kata-kata ataupun perbuatan yang dapat membuat kita tidak senang. Namun demikian Allah SwT mengingatkan kita untuk tetap bersikap benar, paling tidak dengan memahami betapa syaithan sebagai musuh yang nyata bagi manusia, yang selalu berupaya menjerumuskan manusia ke jurang neraka.

 

Namun demikian kita telah diingatkan Allah untuk tetap bersikap benar, betapapun perbuatan orang musyrik maupun orang kafir itu; katakanlah kita tak boleh “over acting”.

 

Kata-kata ataupun ungkapan yang tidak mengenakkan haruslah ditanggapi dengan pembicaraan yang baik, menggunakan bahasa dengan ucapan yang lemah lembut, jangan menggunakan kata-kata yang kasar, jangan mengecam, jangan mencela mereka. Diharapkan kata-kata yang baik akan menarik hati, yang akan dapat menimbulkan atau membuat kecenderungan puas, agar tidak menimbulkan sikap apriori dari mereka.

 

DAN KATAKANLAH KEPADA HAMBA-HAMBAKU: “HENDAKLAH MEREKA MENGUCAPKAN PERKATAAN YANG LEBIH BAIK (BENAR). SESUNGGUHNYA SYAITAN ITU MENIMBULKAN PERSELISIHAN DI ANTARA MEREKA. SESUNGGUHNYA SYAITAN ITU ADALAH MUSUH YANG NYATA BAGI MANUSIA. (Surah al-Isra’ [17] ayat 53)

 

Bahkan Allah pun mengingatkan bahwa apapun nantinya itu tergantung pada bagaimana kehendak Allah, apakah seseorang akan diberi rahmat ataukah diadzab. Allah Maha Tahu tentang hambaNya, termasuk apa yang ada di dalam hati hambaNya, kecenderungan hati hambaNya. Dengan keluasan ilmuNya itulah kemudian Allah memberikan ketentuan untuk hambaNya itu. Bahkan kepada Rasulullah Muhammad saw saja Allah pun juga mengingatkan:

 

TUHANMU LEBIH MENGETAHUI TENTANG KAMU. DIA AKAN MEMBERI RAHMAT KEPADAMU JIKA DIA MENGHENDAKI DAN DIA AKAN MENGAZABMU, JIKA DIA MENGHENDAKI; KAMI TIDAKLAH MENGUTUSMU UNTUK MENJADI PENJAGA BAGI MEREKA. (Surah al-Isra’ [17] ayat 54)

 

 

Jika terhadap orang kafir maupun orang musyrik kita diperingatkan untuk tetap bersikap baik, maka terhadap sesama muslim kita dituntut untuk bersikap lebih baik lagi, sampai-sampai kepada seorang muslim yang mengacungkan senjata kepada sesama muslim sudah diingatkan bahwa hal itu sudah memberi peluang untuk “terjerumus ke dalam jurang neraka” (HR Ahmad dari Abu Hurairah).

 

Semoga kita mampu lebih mengendalikan diri.

 

Wa ‘l-Lahu a’lamu bi ‘sh-shawwab.

 

 

 

==============================

 

SAW. = shalla ‘l-Lahu ‘alaihi wa sallam (Semoga shalawat Allah dan salamNya terlimpahkan pada Rasulullah Muhammad).

 

SWT. = subhanahu wa ta-‘ala (Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi kedudukanNya).

 

 

 

 

*** Kutipan ayat-ayat diperoleh dari penelusuran menggunakan software sederhana: “Indeks Terjemah Qur’an”.

 

========================================

 

 

 

 

 

Assalamu ‘alaikum wr. wb.

 

 

 

Semoga sedikit uraian di atas bermanfaat.

 

Sebarkanlah pelita hikmah ini dengan forward langsung ataupun dengan mengajak bergabung JOIN di URL http://groups.yahoo.com/group/pelita-hikmah/.

Jika Anda punya ataupun ingin kajian masalah tertentu untuk pegangan hidup silakan hubungi saya.

 

Wassalam,

dr. H.R.M. Tauhid-al-Amien, MSc., DipHPEd., AIF.

e-mail: tauhidhw@gmail.com

 

Jalan Kendangsari Lebar 48 Surabaya    INDONESIA    60292

 

0 Responses to “Berusahalah untuk selalu bersikap baik.”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: