Donor darah.

Donor darah

 

Di Surabaya saja setiap hari sekitar 200-300 unit darah ditransfusikan ke pasen-pasen yang memerlukan, misalnya karena operasi, perdarahan parah pada persalinan, kelainan darah. Mereka ini adalah pasen gawat darurat, yang perlu tambah darah karena mereka tak mampu membuat darah sendiri saat itu. Itu mungkin Anda. Pasokan darah yang tersedia teratur sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebu-tuhan darah seperti itu. Tidak tersedia-nya darah akan berarti terancamnya keselamatan jiwa pasen seperti itu. Karena itulah diperlukan pedonor darah yang teratur; mungkin Anda.

 

Darah yang diambil untuk didonorkan itu hanya 350 ml saja, merupakan sebagian kecil dari sejumlah 5-6 liter darah yang ada di dalam tubuh seseorang yang sehat; darah yang didonorkan itu volumenya dapat terganti dari asupan makanan dan minuman dalam waktu 72 jam. Biasanya donor dilakukan hanya 4-5 kali setahun, atau setiap 2-3 bulan. Secara sempurna darah itu akan terganti dalam waktu 21 hari.

 

Wajar saja jika orang merasa takut pada waktu diambil untuk pertama kali sewaktu mendonorkan darahnya. Padahal yang terjadi adalah sedikit rasa nyeri ketika jarum pengambil darah ditusukkan ke kulit; bahkan ada yang menggambarkan nyerinya “seperti digigit semut”. Hanya sesederhana itulah kenyataannya.

 

Sehabis donor kadang-kadang timbul rasa sedikit lelah, yang mengakibat-kan orang cenderung ingin makan lebih banyak. Jika perasaan seperti ini terlalu dituruti, maka orang pun cenderung menjadi mudah gemuk sesudah donor.

 

Hanya orang sehat saja, dan berumur 17-60 tahun, yang boleh menjadi donor. Oleh karena itulah kesehatan donor maupun calon dipastikan dulu dengan pemeriksaan dokter.

 

 

dr HRM Tauhid-al-Amien,MSc,DipHPEd,AIF

tauhidhw@gmail.com

Ketua Biro Kesehatan

PW DMI Jawa Timur

 

 

____________________________________

 

 

 

 

 

Allah akan menolong seseorang selama dia mau menolong orang lain (Hadits)

 

 

Orang itu mungkin Anda;  Anda dapat menjadi penolong juga, dengan menjadi donor darah.

Semoga Allah memberkahi keputusan Anda. Silakan mendaftarkan diri , sekarang ataupun nanti ke:

 

Unit Transfusi Darah

Palang Merah Indonesia

( PMI )

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: