Berlomba dalam berusaha.

120523   Mari berlomba berusaha.

 Bismi l-lahi r-rahmani r-rahiem.

Tidak terlalu sulit bagi kita untuk mengenali adanya orang yang berusaha ataupun berkarya, yang jika kita tanya dia akan memberi jawaban “yang tidak sama”. Namun jika kita dalami, kita akan sampai ke kesimpulan bahwa mereka itu ingin mencapai sukses dalam kehidupannya, yang oleh Allah SwT digambarkan bahwa mereka ada yang mengejar kesenangan dunia, dan ada yang mengejar kebahagiaan akhirat. Dengan sifat ar-RahmanNya  Allah akan memenuhi apa yang diingini manusia itu, tentu saja dalam batas-batas kebebasan yang ada.

 BARANG SIAPA MENGHENDAKI KEHIDUPAN SEKARANG (DUNIAWI) MAKA KAMI SEGERAKAN BAGINYA DI DUNIA ITU APA YANG KAMI KEHENDAKI BAGI ORANG YANG KAMI KEHENDAKI DAN KAMI TENTUKAN BAGINYA NERAKA JAHANNAM; IA AKAN MEMASUKINYA DALAM KEADAAN TERCELA DAN TERUSIR.(Surah al-Isra’ [17] ayat 18)

Barang siapa yang hanya menginginkan kesenangan dunia saja, dan dia bekerja serta berusaha dengan mencurahkan segala perhatiannya untuk itu, maka Allah pun menyegerakan baginya tercapinya apa yang dikehendakinya itu, semisal dimudahkan dan diuaskan rezekinya, dilebarkan kemudahan kehidupannya di dunia ini, yang Allah juga sudah memberi batasannya “BAGI ORANG YANG KAMI KEHENDAKI”.  Kemudiannya, ketika dia mati, maka orang yang sama sekali tidak berorientasi ke kehidupoan akhirat itu akan dimasukkan ke dalam neraka jahannam dalam keadaan tercela, penuh dengan kepedihan dan penderitaan, sebagai akibat lanjut dari keburukan perbuatannya di masa lalunya, yang asal untuk mencapai tujuan dia menempuh cara apa saja sesukanya, yang kita kenali dengan pola penyimpangannya   “tujuan menghalalkan cara”. Tidak juga mustahil bahwa Allah bukan hanya memberikan hukuman di akhirat, tetapi juga sudah menimpakan hukumanNya di dunia dengan berbagai macam bencana, kesulitan, ataupun penderitaan.

Adapun untuk mereka yang dengan keimannya berorientasi akhirat, Allah juga memberikan hasil usahanya sebagaimana Allah menyebutkan:

 DAN BARANG SIAPA MENGHENDAKI KEHIDUPAN AKHIRAT DAN BERUSAHA KE ARAH ITU DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH SEDANG IA ADALAH MUKMIN, MAKA MEREKA ITU ADALAH ORANG-ORANG YANG USAHANYA DIBALASI DENGAN BAIK (KEBERHASILAN). (Surah al-Isra’ [17] ayat 19)

Itu semua berarti bahwa kita dituntut untuk “berlomba” dalam mencari berbagai bentuk kebaikan di dunia ini; semuanya tergantung pada usaha kita, di samping sejauh mana “jatah” yang akan diberikan oleh Allah.

PERHATIKANLAH BAGAIMANA KAMI LEBIHKAN SEBAGIAN DARI MEREKA ATAS SEBAGIAN (YANG LAIN). YANG PASTI KEHIDUPAN AKHIRAT ITU LEBIH TINGGI TINGKATNYA DAN LEBIH BESAR KEUTAMAANNYA.(Surah al-Isra’ [17] ayat 21)

Semoga kita dapat memahami gambaran di atas itu semua sebagai peluang yang harus kita hadapi “tantangan” orang lain, kita manfaatkan dengan usaha dan karya, karena Allah juga menegaskan:

 DAN BAHWASANYA MANUSIA TIDAK AKAN MEMPEROLEH SESUATU SELAIN DARI APA YANG DIUSAHAKANNYA (Surah An-Najm [53] ayat 39)

 

Semoga kita dimudahkan Allah dalam berusaha.

Wa l-Lahu a’lamu bi sh-shawwab

 

 

 

==============================

 

SAW. = shalla ‘l-Lahu ‘alaihi wa sallam (Semoga shalawat Allah dan salamNya terlimpahkan pada Rasulullah Muhammad).

 

SWT. = subhanahu wa ta-‘ala (Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi kedudukanNya).

 

 

 

 

*** Kutipan ayat-ayat diperoleh dari penelusuran menggunakan software sederhana: “Indeks Terjemah Qur’an”.

 

========================================

 

 

 

 

 

Assalamu ‘alaikum wr. wb.

 

 

 

Semoga sedikit uraian di atas bermanfaat.

 

Sebarkanlah pelita hikmah ini dengan forward langsung ataupun dengan mengajak bergabung JOIN di URL http://groups.yahoo.com/group/pelita-hikmah/.

Jika Anda punya ataupun ingin kajian masalah tertentu untuk pegangan hidup silakan hubungi saya.

 

Wassalam,

dr. H.R.M. Tauhid-al-Amien, MSc., DipHPEd., AIF.

e-mail: tauhidhw@gmail.com

 

Jalan Kendangsari Lebar 48 Surabaya    INDONESIA    60292

 

 

 

***

Manfaatkan artikel-artikel pendek (Bhs. Inggris) di http://www.readbud.com/?ref=6137952 ; Anda dapat mengoleksi dollar dari membacanya.

0 Responses to “Berlomba dalam berusaha.”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: