Jangan menghalalkan yang haram.

120413  Janganlah menghalalkan yang haram.

Bismi ‘l-lahi ‘r-rahmani ‘r-rahiem.
Jika pada suatu kesempatan Rasulullah Saw menyatakan bahwa tidaklah beriman (baca: hilang iman) orang yang mencuri, orang yang berzina, dan orang-orang yang seperti itu, di  ayat 116 surat an-Nahl [16]  Allah SwT secara tegas memberi larangan berbuat yang seperti itu:

DAN  JANGANLAH  KAMU MENGATAKAN TERHADAP APA YANG  DISEBUT-SEBUT  OLEH LIDAHMU SECARA DUSTA “INI HALAL DAN INI HARAM”,...(Surah an-Nahl [16] ayat 116)

Barangkali para penjahat, pencuri, koruptor ataupun yang semacamnya itu tidak dengan lisan mengatakan bahwa apa yang dilakukannya itu halal, namun apa yang dilakukannya itu secara tidak langsung berarti menghalalkan apa yang sebenarnya diharamkan oleh Allah. Yang dilakukannya itu pastilah secara sembunyi-sembunyi, ataupun dikamuflase agar orang lain tertipu, tidak mengetahuinya, ataupun justru terpukau dan menjadi pendukungnya dengan bualannya yang jelas sudah termasuk dalam apa yang digambarkan Allah:

…UNTUK MENGADA-ADAKAN KEBOHONGAN  TERHADAP ALLAH. SESUNGGUHNYA  ORANG-ORANG  YANG MENGADA-ADAKAN KEBOHONGAN TERHADAP ALLAH TIADALAH BERUNTUNG. (Surah an-Nahl [16] ayat 116)

Dengan kemampuan bicara ataupun perilaku culasnya, mungkin sekali orang yang begini ini memperoleh “kesenangan”; namun yang dicapainya itu hanya sementara dan semu, sedangkan siksa yang pedih telah menunggu, sebagaimana oleh Allah digambarkan:

(ITU ADALAH) KESENANGAN YANG SEDIKIT; DAN BAGI MEREKA AZAB YANG PEDIH. (Surah an-Nahl [16] ayat 117)

KAMI BIARKAN MEREKA BERSENANG-SENANG SEBENTAR, KEMUDIAN KAMI PAKSA MEREKA (MASUK) KE DALAM SIKSA YANG KERAS. (Surah Luqman [31] ayat 24)

Jika kita mungkin sering menjumpai ungkapan atau pernyataan orang yang karena tersalahi atau sangat tersakiti hatinya lalu menyebut kesalahan orang itu “dosa tak berampun”, ternyata untuk orang yang seperti itu oleh Allah masih diberi kesempatan untuk berbenah diri. Secara luas Allah Yang Maha Pengampun itu menyebutkan:

KEMUDIAN,  SESUNGGUHNYA  TUHANMU (MENGAMPUNI)  BAGI  ORANG-ORANG  YANG
MENGERJAKAN KESALAHAN KARENA KEBODOHANNYA, YANG KEMUDIAN MEREKA BERTAUBAT SESUDAH  ITU DAN MEMPERBAIKI (DIRINYA); SESUNGGUHNYA  TUHANMU  SESUDAH ITU BENAR-BENAR MAHA PENGAMPUN LAGI MAHA PENYAYANG. (Surah an-Nahl [16] ayat 119)

Semogalah mereka yang telah tersalah langkah itu segera tersadarkan dari kesalahannya, lalu secepatnya bertaubat dengan benar, berbenah diri dan memperbaiki tindakannya yang telah salah, sehingga mereka tidak kian menebarkan kekacauan dan fitnah dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Wa ‘l-Lahu a’lamu bi ‘sh-shawwab

==============================

SAW. = shalla ‘l-Lahu ‘alaihi wa sallam (Semoga shalawat Allah dan salamNya terlimpahkan pada Rasulullah Muhammad).

SWT. = subhanahu wa ta-‘ala (Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi kedudukanNya).

*** Kutipan ayat-ayat diperoleh dari penelusuran menggunakan software sederhana: “Indeks Terjemah Qur’an”.

========================================

Assalamu ‘alaikum wr. wb.

Semoga sedikit uraian di atas bermanfaat.

Sebarkanlah pelita hikmah ini dengan forward langsung ataupun dengan mengajak bergabung JOIN di URL http://groups.yahoo.com/group/pelita-hikmah.
Jika Anda punya ataupun ingin kajian masalah tertentu untuk pegangan hidup silakan hubungi saya.

Wassalam,
dr. H.R.M. Tauhid-al-Amien, MSc., DipHPEd., AIF.
e-mail: tauhidhw@gmail.com

Jalan Kendangsari Lebar 48 Surabaya    INDONESIA    60292

***
Manfaatkan artikel-artikel pendek (Bhs. Inggris) di http://www.readbud.com/?ref=6137952 ; Anda dapat mengoleksi dollar dari membacanya.

0 Responses to “Jangan menghalalkan yang haram.”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: