Berlomba berusaha

100101

Berlomba berusaha.

Bismi l-lahi r-rahmani r-rahiem.

Tidak sedikit dari kita yang “silau” melihat sukses yang telah dicapai orang, apalagi jika yang “sukses” itu adalah orang yang non-muslim. Kadang-kadang muncul “pemberontakan” dalam hati kita, mempertanyakan mengapa yang sukses orang yang tak shalat, padahal kita sudah shalat setiap hari. Terkait dengan ini mungkin kita lupa ataupun belum pernah membaca pedoman dasar yang telah diberikan Allah SWT, yang tertulis dalam al-Qur’an, ataupun gambaran yang telah diberikan oleh RasulNya, Muhammad SAW., misalnya:

“BARANG SIAPA YANG MENGHENDAKI KEHIDUPAN DUNIA DAN PERHIASANNYA,NISCAYA KAMI MEMBERIKAN KEPADA MEREKA BALASAN PEKERJAAN MEREKA DI DUNIA DENGAN  SEMPURNA DAN MEREKA DI DUNIA ITU TIDAK AKAN DIRUGIKAN.” (Qur’an Surah Hud [11]: 15)

“BARANG SIAPA MENGHENDAKI (SUKSES) KEHIDUPAN SEKARANG (DUNIAWI) MAKA KAMI SEGERAKAN BAGINYA DI DUNIA ITU APA YANG KAMI KEHENDAKI BAGI ORANG YANG KAMI KEHENDAKI…” (Qur’an Surah al-Isra'[17]: 18)

Di dalam kehidupan dunia ini Allah telah menetapkan “hukum sebab-akibat” sebagai salah satu dari sunnatullah, hal yang sering kita lupakan. Banyak dari kita yang kurang benar dalam berserah diri (tawakkal), banyak dari kita yang kurang bersungguh-sungguh dalam berusaha; misalnya ingin kaya tetapi tidak mau bekerja keras, ingin pandai tetapi malas belajar. Bahkan ada pula yang lupa untuk mempersiapkan diri untuk kehidupan akhiratnya, padahal kehidupan akhirat itu jauh-jauh lebih panjang ketimbang masa kehidupan dunia ini; mereka yang tidak mempersiapkan kehidupan akhirat itu akan memperoleh kehidupan sengsara di neraka!

“ITULAH ORANG-ORANG YANG TIDAK MEMPEROLEH (BALASAN) DI AKHIRAT KECUALI NERAKA; LENYAPLAH DI AKHIRAT ITU APA YANG TELAH MEREKA USAHAKAN DI DUNIA, DAN SIA-SIALAH APA YANG TELAH MEREKA KERJAKAN.” (Qur’an Surah Hud [11]: 16)

“…DAN KAMI TENTUKAN BAGINYA NERAKA JAHANNAM; IA AKAN MEMASUKINYA DALAM KEADAAN TERCELA DAN TERUSIR.” (Qur’an Surah al-Isra'[17]:18)

Beruntunglah kita yang telah sadar bahwa untuk mencapai sukses di dunia maupun akhirat kita harus giat berusaha secara bersungguh-sungguh, termasuk menguatkan usaha itu dengan ilmu maupun sarananya yang terkait. Allah itu Maha Pemurah membantu siapapun yang berusaha; kita harus pandai-pandai “bersaing” dengan mereka yang berusaha menuju ke kerusakan dn kemungkaran.

“KEPADA MASING-MASING GOLONGAN BAIK GOLONGAN INI MAUPUN GOLONGAN ITU KAMI BERIKAN BANTUAN DARI KEMURAHAN TUHANMU. DAN KEMURAHAN TUHANMU TIDAK DAPAT DIHALANGI.” (Qur’an Surah al-Isra'[17]: 20)

“DAN BARANG SIAPA MENGHENDAKI KEHIDUPAN AKHIRAT DAN BERUSAHA KE ARAH ITU DENGAN SUNGGUH-SUNGGUH SEDANG IA ADALAH MUKMIN, MAKA MEREKA ITU ADALAH ORANG-ORANG YANG USAHANYA DIBALASI DENGAN BAIK.” (Qur’an Surah al-Isra'[17]: 19)

Semoga Allah swelalu memberikan kekuatan untuk berusaha dalam arah hidayahNya.

Wa l-Lahu a’lamu bi sh-shawwab

SAW. = shalla ‘l-Lahu ‘alaihi wa sallam (Semoga shalawat Allah dan salamNya terlimpahkan pada Rasulullah Muhammad).

SWT. = subhanahu wa ta-‘ala (Yang Maha Suci lagi Maha Tinggi kedudukanNya).

*** Kutipan ayat-ayat diperoleh dari penelusuran menggunakan software sederhana: “Indeks Terjemah Qur’an”.

========================================

Asalamu ‘alaikum wr. wb.

Semoga sedikit uraian di atas bermanfaat.

Sebarkanlah pelita hikmah ini dengan forward langsung ataupun dengan mengajak bergabung di URL http://groups.yahoo.com/group/pelita-hikmah.
Jika Anda punya ataupun ingin kajian masalah tertentu untuk pegangan hidup silakan hubungi saya.

Wasalam,
dr. H.R.M. Tauhid-al-Amien, MSc., DipHPEd., AIF.
e-mail: tauhid@telkom.net

Jalan Kendangsari Lebar 48 Surabaya    INDONESIA    60292
Telp. (031)-841-7486, 081-652-7486

=====================
Dana aktivita/dakwah? Bergabunglah dalam http://www.asiakita.com/Pandu-HW

0 Responses to “Berlomba berusaha”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: