91221 Menghitung-hitung amal.

91221 Menghitung-hitung amal.

Bismi l-lahi r-rahmani r-rahiem.

Allah SWT telah mengingatkan kita sekalian untuk mawas diri, antara lain dalam firmanNya (QS al-Hasyr [59]: 18)

HAI ORANG-ORANG YANG BERIMAN, BERTAKWALAH KEPADA ALLAH DAN HENDAKLAH SETIAP DIRI MEMPERHATIKAN DENGAN SEKSAMA APA YANG TELAH DIPERBUATNYA UNTUK HARI ESOK (AKHIRAT), DAN BERTAKWALAH KEPADA ALLAH, SESUNGGUHNYA ALLAH MAHA MENGETAHUI APA YANG KAMU KERJAKAN.

Baimana ketentuan Allah untuk bertaqwa, yaitu untuk hanya melakukan yang benar menurut Allah, meninggalkan yang terlarang menurut Allah. Kemudian Allah mengingatkan kita untuk menghitung-hitung ulang dengan cermat apa yang telah kita persiapkan untuk masa depan kita, terutama untuk kehidupan di akhirat nanti. Kehidupan di akhrat harus kita persiapkan di masa hidup kita di dunia ini, sebelum hidup kita berakhir; semua itu kita tempuh waktu demi waktu, dari tahun ke tahun, dari bulan ke bulan, bahkan dari detik ke detik berikutnya. Dalam memperhitungkan langkah-langkah kita yang lalu hendaknya kita jeli untuk selalu bersyukur jika kita telah berhasil, dan kian bergiat jika belum. Jika ternyata masih ada yang salah secepatnyalah kita berbenah diri; secepatnyalah bertaubat dan memperbaiki diri.

APA SAJA NIKMAT YANG KAMU PEROLEH ADALAH DARI ALLAH, DAN APA SAJA BENCANA YANG MENIMPAMU, MAKA DARI (KESALAHAN) DIRIMU SENDIRI…(QS an-Nisa'[4]: 79)

Bagaimana kita akan melanjutkan langkah lagi? Allah juga sudah mengingatkan: bertaqwalah. Jangan sampai kita kemudian menempuh jalan yang salah; jangan kita pakai peluang korupsi sekecil apapun kalaupun karena merasa masih berkekurangan meski ada kesempatan. Allah menunjukkan peringatannya dengan menyebutkan: “ALLAH MAHA MENGETAHUI APA YANG KAMU KERJAKAN.” (QS al-Hasyr [59]: 18).

Jadi dengan menyadari bahwa sangat banyak kenikmatan maupun potensi yang telah diberikan Allah kepada kita, maka sangat tepatlah jika persiapan untuk masa depan kita itu kita lakukan dengan memanfaatkan apa-apa yang telah diberikan Allah itu untuk lebih banyak lagi beramal, sesuai dengan arahan Allah:

DAN CARILAH DENGAN APA YANG TELAH DIANUGERAHKAN ALLAH KEPADAMU (BEKAL UNTUK MENCAPAI KEBAHAGIAAN) NEGERI AKHIRAT, NAMUN JANGANLAH KAMU MELUPAKAN BAGIANMU DARI (MENIKMATI KENIKMATAN) DUNIAWI; BERBUAT BAIKLAH (KEPADA ORANG LAIN) SEBAGAIMANA ALLAH TELAH BERBUAT BAIK, KEPADAMU. DAN JANGANLAH KAMU BERBUAT KERUSAKAN DI BUMI; SESUNGGUHNYA ALLAH TIDAK MENYUKAI ORANG-ORANG YANG BERBUAT KERUSAKAN. (QS al-Qashash [28]: 77)

Semoga kesempatan yang masih ada ini dapat kita manfaatkan dengan baik.

Wa l-Lahu a’lamu bi sh-shawwab

======================================= Asalamu ‘alaikum wr. wb.

Semoga sedikit uraian di atas bermanfaat. Sebarkanlah pelita hikmah ini dengan forward langsung ataupun dengan mengajak bergabung di URL http://groups.yahoo.com/group/pelita-hikmah. Jika Anda punya ataupun ingin kajian masalah tertentu untuk pegangan hidup silakan hubungi saya.

Wasalam,

dr. H.R.M. Tauhid-al-Amien, MSc., DipHPEd., AIF.

e-mail: tauhid@telkom.net

Jalan Kendangsari Lebar 48 Surabaya INDONESIA 60292

Telp. (031)-841-7486, 081-652-7486

=====================

Dana aktivita/dakwah? Bergabunglah dalam http://www.asiakita.com/Pandu-HW

0 Responses to “91221 Menghitung-hitung amal.”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: